Jumat, 08 Agustus 2014

Kisahku Bersama Al-kindi Hari Ke-2

Kamis, 7 Agustus 2014

Assalamu'alaikum warohmaatulllahi wabarokatuh,,,
 Berjumpa lagi dengan kisahku dihari ke-2 masih dalam keadaan sama yakni belum ada buku dan terus mencari ide dan mencari referensi apa yang harus dipelajari di kelas 3. Seperti yang sudah dijelaskan kemaren hari ini kita bereksperimen yakni meniliti pertumbuhan kacang hijau,pasti semua sudah pada tau cuman seingat saya waktu itu mencoba praktek ini saat kelas 2 SMA hooo,, jadi ingat masa muda hehe,,, :) nah setelah ketemu referensi ada tuh tentang praktek melakukan penitian tidak hanya dalam pelajaran IPA aja di eksperimen ini MTK tentang pengukuran tinggi tanaman,IPS tentang jiwa sosial,Agama tentang cinta lingkungan dan tanaman,B.Indo tentang menulis tata cara yang dibuat dan melakukan presentasi.
    Sebenarnya saya sangat setuju dengan adanya K-13 karena ini memang memudahkan terutama bagi murid dan guru yang mengajarkan apabila guru itu semangat untuk mengajar tentunya ^_^.Hari ini anak-anak memakai baju batik bebas jadi terlihat ganteng" untuk muslimnya :D merasa senang punya anak ganteng" semoga anak sesungguhnya kelak ganteng aamiiin....
    Pertama - tama saya bagi menjadi 3 kelompok,yang masing - masing diketuai oleh trio muslim terganteng,bahan yang digunakan tidak susah hanya 3 gelas aqua,15 kacang hijau,kapas,3 kardus kecil. tugas pertama mereka mendengarkan arahan dari saya tidak boleh mempraktekan atau menulis hanya mendengarkan dengan seksama dan mereka menurut (bangga) setelah itu saya persilahkan mereka mencari tempat diskusi yang nyaman bagi mereka dan saya menunjuk 1 orang dari masing" grup untuk menjadi penulisnya tentang tata cara yang mereka praktekan urutannya,alat yg digunakan dan proses selanjutnya tentang pertumbuhan si kacang hijau.
    Mereka sangat bersemangat dan sangat saling mengkompakan agar semua kerja dan selesai tepat waktu,mereka tidak diperkenankan bertanya selama proses berlangsung saya bertugas memantau,enak loh sebenarnya kayak dosen gitu :D tapi tak lepas tanggung jawab.ini hasil protetan selama AL-KINDI bereksperimen...



tuhkan bukan rekayasa fhoto loh malahan mereka gak tau kalo lagi di fhoto ^_^ naah setelah itu kardus dibolongkan bagian atas,samping kanan,dan kiri agar mengetahui kearah mana kacang hijau itu akan tumbuh.ini dia hasil akhir


    setelah mereka melakukan aktifitas tersebut bel istirahatpun berbunyi dan mereka sangat memanfaatkan waktu istirahat mereka yang tak lama ada yang makan,bermain,membaca buku cerita.
belpun kembali berbunyi dan merekapun akan belajar pelajaran Tahfidz semoga anak-anakku menjadi seorang hafidz dan hafidzoh yang bisa mengangkat derajad kedua orang tuanya dan mudah"an selaku gurupun bisa ikut terangkat aamiiin,,,
    sebelum pelajaran dimulai Ayah Ubay sebagai pengajar melakukan ice breaking agar anak" siap belajar dalam keadaan ceria.ini fhotonya,,,mau tau apa yang dilakukan????
membongkar posisi bangku tetapi tidak mau memperbaikinya -_- akhirnya saya pulang lebih sore lagi :'( next pelajaran selanjutnya adalah Soft Kills,soft kills baru diadakan tahun ini di Aya Sophia tugas baru lagi sebagai seorang guru untuk menggali bakat anak didiknya.Soft Kills tahun ini yang akan digali baru 2 kriteria yaitu dalam Public speaking dan menulis. Hari ini saya meminta anak" untuk menulis percakapan bebas atau menulis cerpen dalam waktu 30 menit lalu mereka membacakannya.seperti yang sudah ditulis olehku bahwa waktu siang hari memang waktu yang tepat untuk merangsang otak kita untuk dilatih menulis,tempatnya bebas mau dimanapun dan posisi apapun yang penting mereka enjoy dalam menulis dan mengeluarkan ide mereka,angin sepoi - sepoi terus membuat suasana menjadi sejuk.




saya masih dalam proses pencarian anak - anak yang mana yang kelihatannya bakat dalam menulis dan mana yang public speaking,sepertinya anak yang diam itu banyak yang ke nulis contohnya jingga ^_^ anaknya kecil,cantik,suaranya kecil namun dalam hal tulisan dia bagus,kalo memang jingga serius konsentrasi.
    ini saat mereka membacakan karyanya,saya panggil seperti mereka sedang maju pentas seni.dengan pulpen sebagai mi'c.contoh "Okey,kita kembali ke acara pentas seni,dan hari ini kita akan bersama - sama mendengarkan cerita dari kawan" kalian dan kita saksikan peserta pertama kita yaitu,,,,,"seperti MC pencarian bakat.dan saya tunjuk anak" sebagai juri yang akan membantu menilai.

Jam 12 pun tiba saya lari kegerbang untuk membual bel sholat dhuhur dan waktunya Lunch ^_^ pas lagi makan saya kaget Astri anak didik saya bilang "Bunda astri ngerasain kayak di Pesantren tau bund,makannya bareng" baca do'a bareng,seneng deh" waaah target sekolah biasa dalam suasana santri dan agamapun tersampaikan oleh perasaan astri.

Belpun kembali berbunyi baca"(saya yang membunyikan gedor"pager pake gembong seolah"lonceng) hehe ^_^. Dan ada 1 pelajaran baru yang akan diajarkan di Aya Sophia.yaitu Fiqh Ibadah.hari ini saya mengajarkan tentang Bab 1 yaitu tentang Thaharoh ( Bersuci) Membekali anak dengan ilmu agama sedari dini memang harus ditanamkan agar anak-anak kita menjadi penerus yang sangat hebat.
   Sekian cerita hari ini,So jangan putus-putus yah mendengarkan kisahku selanjutnya,insya allah pasti seru dan semoga kegiatan - kegiatannta bisa dijadikan inspirasi bagi para guru di indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sudah lama sekali

assalamu'alaikum.... bagaimana kabar teman - teman masya Allah ternyata sudah lama sekali ya.... terakhir update 2016 ^_^ bismilla...