Jumat, 08 Agustus 2014

Kisahku Bersama Al-Kindi Hari Ke-3

Jum'at,08 Agustus 2014

Assalamu'alaikum,,,,
  Senangnya Mengajar di Aya Sophia karena jam mengajar hanya sampai hari jum'at sampai jam 11 saja :). Hari ini jadwalnya hanya 2 pembelajaran tema dan Pramuka.Namun tetep tak bisa berweekend dengan sangat santai karena masih banyak tugas yang harus dikerjakan. :D
  Bel Berbunyi jam 07.00 seperti biasa saya yang membunyikan bel seperti kemaren caranya hehe,,, anak - anak dengan tanpa disuruh menggelar karpet dan sajadah mereka,memakai mukena untuk para muslimahnya. Mereka melaksanakan dengan khusyuk,setelah itu melakukan muroja'ah di kelas masing - masing dari surah Al-lail sampai At-thoriq kegiatan seperti sudah menjadi kebiasaan bagi anak - anak yang semoga dapat menjadi kebiasaan saat mereka berada dirumah dan untuk seterusnya,aamiin.
  Setelah itu ada kegiatan Diary mereka  menulis apa yang mau mereka tulis. Sebelum pembelajaran dimulai saya melakukan ice breaking dan setelah itu saya meminta anak untuk melanjutkan eksperimen mereka tentang kacang hijau,sebelumnya saya sudah menyimpan dengan aman. Mereka sebagian ada yang terkejut etelah melihat kardus yang ada gelas berisi 5 kacang hijau mereka berkata"Waaaah Kacang hijaunya sudah numbuh akar" ada yang langsung berargumen "Waah kayaknya ini bakal jadi toge deh bund" memang spontanitas anak -anak itu keluar dengan seasli-aslinya dan selugu-lugunya. Mereka langung mengambil kerdusnya memberi air dan menjemurnya kembali dan dengan serius mereka menulis hasil laporan yang mereka lihat pada saat itu.




     Saya meminta agar mereka bertanggung jawab sampai eksperimen mereka selesai dan akhirnya nanti merekaa membuat kesimpulan yang harapan saya mereka akan membuat kesimpulan dari selembar kertas HVS dengan kreasi mereka.Nah kemaren sudah saya memberikan tugas rumah untuk sebuah puisi tentang Ibu mengaitkan kepembelajaran B.Indo dan softkill dalam hal public speaking dan menulisnya :D dan selanjutnya saya membuat gulungan nama" mereka dan mengkocoknya untuk menentukan urutan siapa yang akan tampill untuk membacakan puisi mereka.
   Ekspresi mereka seketika "iiih bunda" "yaah bunda" "ih,malu" "gak mau maju ah" hehe,,namanya anak-anak,maka dari itu saya langsung mengajukan kriteria penilaian agar mereka kembali termotivasi untuk menddaapatkan nilai yang besar. Tapi ternyata setelah mereka maju tidak terlalu buruk ada beberapa anak terlihat bakat dalam hal kata"nya,Nada saat mereka membacanya,dan ada yang menggunakan gerakannya juga,membuat saya menjadi terharu.Setelah mereka membacakan puisi mereka saya kumpulkan dan akan saya tempel karya mereka,cuman belum sempet saya fhoto di postingan selanjutnya saya kasih lihat dijamin asli isi hati mereka bukan karena bantuan atau cari di mbah googlle :P.Humaira saat membaacakan puisinya.
Selanjutnya saya menulis di papan tulis "YUK MENJADI DITEKTIF LINGKUNGAN" ^_^ anak - anak langsung berteriak hayuk Bunda...dan ada juga yang bertanyaa - tanya. Saya bertanya kepada mereka biasanya detektif itu membawa apa? kaca pembesar mereka menjawab. Iyap benar sekali,tapi sekarang kita menjadi didektif yang membawa penggaris.Siapakah yang sudah bawa penggaris berarti siap untuk menjadi didektif,hanya 2 dari mereka yang tidak bawa dan saya sudah mempersiapkannya,So mereka semua siap. Gimana sudah siap untuk kasus yang pertama yang akan bunda berikan? mereka menjawab "Semangat!!!" okeh akhirnya saya memberikan kasusnya.
     Anda Penasaran?????Sama Saya juga,,,,,,hehe,,,Okeh pertama -tama saya bercerita tentang seorang anak yang kebingungan tentang ukuran tinggi pohon yang akan ia beri pot. Nah Tugas Al-Kindi Mencari tau semua ukuran yang ditanyakan oleh si Bejo yang kebingungan.Saya berikan 7 Benda yang harus diukur menggunakan penggaris. Dalam tugas kali ini banyak pelajaran yang mereka pelajari,MTK,B.Indo,Pkn,IPS,dan IPA tuhkan dalam 1 aktifitas mereka bisa langsung mempelajari 5 pelajaran sekaligus.^_^
     Guru hanya memantau kegiatan mereka dan bisa memfhoto aktifitas mereka No.rekayasa yah hehe,, :D



     Lihat mereka melakukannya dengan serius bukan?? :) saya beri waktu 20 menit untuk menghitung juga soalnya memang ada beberapa benda yang sengaja panjang agar mereka menghitung puluhan dengan puluhan. Time is Over mereka masuk kelas dan saya meminta 1 persatu untuk mempresentasikan kegiatan mereka yang barusan mereka lakukan,saya beri contoh terlebih dahulu."Hari ini saya menjadi seorang Detektif Lingkungan,saya akan membantu memecahkan kasus si Bejo yang tidak dia ketahui.Alat yang saya gunakan adalah sebuah Penggaris ternyata si Bejo tidak tau ukuran beberapa benda.dan setelah saya indetifikasi masalahnya ternyata ukuran tinggi pohon ini adalah......dan setelah itu saya mengukur,,,dan selanjutnya".Pas Dugaan saya akhirnya bel Istirahat pun Berbunyi.
     Kegiatan selanjutnya adalah PRAMUKA saya dan Bunda Lusi menyuruh anak" ke lapangan depan.Pertama - tama saya melatih PBB namun sebelumnya saya tanya apa kepanjangan PBB,Tami an Dinda menjawab "PIN BB yah Bunda" (tepok jidat) bukaan sayang,,yah mereka menjawab dengan spontanitas mereka ini dan itu. Tidak ada jawaban yang benar saya tanyakan ke Bunda Lusi dan beliau menjawan "Persatuan Bangsa - bangsa" Haduukh saya kembali tepok jidat.dan akhirnya saya luruskan PBB dalam PRAMUKA berarti Pasukan Baris - Berbaris.
   PBB kali ini saya mengajarkan Sikap sempurn,istirahat di tempat,hadap kanan dan hadap kiri.Setelah itu kita bermain seru - seruan.Permainan pertama yaitu lawan kata maju,mundur,kanan,kiri.dan kita bermain Lampu merah,kuning,dan hijau.Seru sekali saya rasakan dan jam 11 pas merekapun kelelahan dan kehausan kita kembali istirahat dan persiapan pulang.
   Eeh Ternyata datanglah Mama Jeri dan Pasukan ibu" POMG Membawa Nasi Tumpeng,khusus dari mama jeri yang mau berbagi makan bersama anak-anak kelas 3 dan 4 saya bersama para ayah dan bunda.dan ada do'a bersama untuk mendo'akan ayahnya jeri yang masih kurang sehat,semoga ayahnya jeri selalu diberi kesehatan dan diberi kesabaran dalam menghadapi cobaan yang Allah berikan.ini dia tumpengnya dan acara makan bersamanya ^_^

Inilah kisahku bersama Al-Kindi hari ke-3 sabtu dan minggu libur yah kisahnya.dilanjut hari senin :) Semoga saya bisa menjadi Gurunya Manusia,mendidik anak - anakku menuju ALLAH dan menjadikan Nabi Muhammad selalu sebagai Tauladan mereka,aamiiin,,,
  Bye,,bye,,, Wassalamu'alaikum.




    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sudah lama sekali

assalamu'alaikum.... bagaimana kabar teman - teman masya Allah ternyata sudah lama sekali ya.... terakhir update 2016 ^_^ bismilla...